Kamis, 16 Oktober 2014

MAKALAH NEW MEDIA

MAKALAH NEW MEDIA

Oleh :
1. Davin Dirgantara ( 52413056 )
2. Dimas
3. Malik Abdul Aziz ( 55413249 )
4.Syahrizal Azis ( 58413735 )

Kelas : 2IA17


Pendahuluan

Arti dari new media adalah perantara baru. Namun pengartian secara istilah adalah perubahan media yang dulu dalam media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dan komputer dan internet secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web,blog,online social network dll yang menggunakan komputer sebagai medianya.

Pandangan terhadap New  Media
Pandangan terhadap new media dapat berpengaruh positif dan negatif. Berpengaruh positifnya info dari media sangat mudah dan sangat cepat,dapat di akses di mana pun serta mendapatkannya sangat lah murah. Pengaruh negatif new media terhadat manusia adalah info dari media tersebut tanpa batas dan dapat masuknya budaya luar melalui media baru ini,jika tidak di dasarkan kepada ilmu pengetahuan maka akan menimbulkan hal-hal yang negatif terhadap masyarakat.

Technologies of Freedom?

Fakta bahwa pengguna internet dapat berasal dari negara dan belahan dunia manapun menimbulkan kesulitan dalam pemberian sanksi dan penerapan yuridiksi pada konten yang bermasalah. Salah satu solusi untuk permasalahan ini sehingga dapat diminimalisir adalah dengan memberikan ‘tekanan’ kepada penyedia layanan (service providers) untuk bertanggung jawab terhadap konten yang muncul dalam layanan mereka, walaupun hal tersebut muncul diluar kontrol mereka.
Hal positif yang sebenarnya perlu diangkat dari konteks ‘kebebasan’ dalam internet adalah arti dari “kebebasan” itu sendiri. Kebebasan dari pengawasan dan ‘hak atas privasi’ merupakan jenis “kebebasan” yang berbeda, serta perlindungan atas anonimitas dan bukan publikasi. Kedua jenis kebebasan ini memiliki arti yang penting, tetapi potensi dan kondisi aktual dari penggunaan internet telah menerjemahkan berbagai macam bentuk “kebebasan” sebagai “kebebasan” yang sesungguhnya.

Menurut Winston (1986), Teknologi terbaru memiliki potensi untuk inovasi, tetapi implementasi aktualnya selalu bergantung kepada dua faktor, yaitu: The operation of ‘supervening social necessity’ dan The ‘law of the suppression of radical pontential’.
New Equalizer or Divider

Manfaat yang sangat besar dari new media adalah siap sedia kapan saja bagi mereka yang ingin “bersuara”. Publik tak harus jadi penguasa yang kaya untuk muncul di laman world wide web. Dengan lahirnya new media, kesenjangan sosial dan transaksi informasi bisa teratasi. Lahirnya new media bagi beberapa kalangan dianggap sebagai bagian dari proses penyebaran informasi tanpa batas dan menyentuh seluruh kalangan sosial.
Beberapa kontroversi bermunculan berkenaan dengan lahirnya teknologi new media (computer technology). Salah satu isunya dihubungkan dengan permasalahan gender. Menurut teori feminis yang dikemukakan oleh Ang dan Hermes, 1991, bahwa komputer itu “diperuntukkan” bagi laki-laki dan bukan untuk wanita. Namun menurut Van Zoonen (2002) dalam risetnya mengatakan bahwa antara gender dan teknologi itu sifatnya terlalu multidimensional.
Saat ini media masa (radio dan televisi) masih dianggap mampu menjembatani kesenjangan dalam bidang sosial dan pengembangan dunia ekonomi. Kelahiran world wide web disebut sebagai komunikasi gaya baru yang mampu mengakomodir kebebasan berpendapat. Dan mampu menjadi suatu kekuatan sosial yang bersifat solid dan militan.

ISI

Bidang Politik

Pemanfaatan Internet Sebagai New Media

Internet dianggap sebagai awal dimulainya era new media diungkapkan oleh Owen (2008:1),” The new media environment and the rise of the Internet have had important implications for presidential communication. As the first chief executives of the new media era, President Bill Clinton and George Bush have established an online presence through the White house Website, www. whitehouse.gov. New media yang dimaksud adalah situs resmi Gedung Putih yang dapat terwujud karena hadirnya Internet.

Bidang politik merupakan bidang yang butuh publisitas sehingga Internet merupakan media yang banyak digunakan dalam hal promosi dari seorang tokoh politik ataupun partai politik. Media Internet pada umumnya digunakan untuk publisitas politik secara paralel dengan media tradisional atau konvensional. Tokoh politik atau partai politik akan memanfaatkan semua media yang dianggap potensial dalam meningkatkan popularitas tokoh ataupun partai politik tersebut. Penggunaan media oleh tokoh politik dan partai politik dikenal dengan istilah Komunikasi Politik. Komunikasi politik mencakup penggunaan media oleh pemerintah dan partai politik guna mendapat dukungan pada saat pemilihan umum atau juga di luar pemilihan umum (Riaz: 2010:2). Internet dimanfaatkan utamanya untuk menunjukkan bahwa tokoh ataupun partai politik tersebut ”melek Internet” dimana mereka berusaha menjaring pendukung, simpatisan, teman yang berasal dari kalangan masyarakat yang sering menggunakan Internet.

New media Internet yang paling sering digunakan oleh tokoh politik baik di Indonesia maupun di luar negeri adalah situs jejaring sosial. Situs yang paling populer adalah Facebook dan Twitter, selain itu juga ada MySpace yang populer di Amerika Serikat, Friendster yang sudah kurang populer dan Linkedin. Pada masa kampanye Pilpres Indonesia tahun 2009 salah satu calon Wapres Prabowo Subianto memanfaatkan Facebook untuk menggalang dukungan bagi dirinya. Prabowo mendapat banyak ”friends” atau pendukung sehingga sempat memunculkan masalah karena akun Facebook Prabowo menjadi melebihi kapasitas sehingga mendapat email notifikasi dari (komputer) pengelola Facebook. Meskipun media promosi Capres dan Cawapres pada saat itu tetap didominasi media tradisional seperti iklan di televisi dan surat kabar, spanduk, pamflet, baliho dan yang lainnya namun ketiga pasang Capres dan Cawapres yaitu Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK juga mempromosikan dirinya melalui koran online detik.com lewat foto-foto ketiga pasangan tersebut ditambah gambar bendera partai yang mendukung mereka. Manfaat dari new media Internet pada masa kampanye jabatan politik seperti Pilpres diakui oleh kubu Barack Obama pada saat Obama berhasil memenangi jabatan Presiden tahun 2008. Dalam artikel resensi buku berjudul Communicator-in-Chief: How Barack Obama Used New Media Technology to Win the White House yang ditulis oleh Jarvis (2010:1) disebutkan bahwa situs untuk kampanye Obama mengorganisasi lebih dari seratus lima puluh ribu kegiatan, menciptakan lebih dari tiga puluh lima ribu kelompok, memiliki lebih dari 1,5 juta akun dan mendapatkan lebih dari USD 600 juta dari 3 juta donor. Kampanye tersebut juga menggunakan YouTube untuk iklan gratis, mengirim alamat iklan tersebut kepada para pendukung dan meminta kepada pendukung untuk meneruskan iklan tersebut kepada teman dan keluarga mereka. Akun Facebook Obama mempunyai 3.176.886 pendukung dan lewat situs MySpace Obama mendapat 987.923 orang teman. Kampanye juga menggunakan text messaging untuk berhubungan dengan pemilih muda dan mengirim email sebagai counter attacks. Kampanye Obama yang high-tech, menggunakan Internet utuk mencek fakta informasi, counter attacks, memperkuat koneksi kepada pendukung dan selalu siap dalam konsep 24/7 yaitu dapat dihubungi selama 24 jam setiap hari. Riaz (2010:6) meyimpulkan bahwa Obama dapat memimpin Amerika Serikat hanya karena penggunaan teknologi new media yang ekstensif.

Bidang Bisnis

Pemanfaatan Internet dalam bidang bisnis dibagi menjadi dua bagian yaitu bisnis online dan pemasaran.

Bisnis Online

Internet juga dapat dijadikan media untuk melakukan bisnis, maka kemudian berkembanglah apa yang dikenal dengan istilah bisnis online. Dengan bermodalkan sebuah situs yang dirancang untuk bisnis online maka bisnis yang dilakukan melalui dunia maya sudah dapat berlangsung. Peluang bisnis non konvensional ini langsung direspon oleh banyak pihak, ada pihak yang memang serius terjun ke bisnis online namun banyak juga yang sekedar mencoba-coba. Bisnis online yang tumbuh mulai dari skala kecil sampai skala besar. Di antara perusahaan yang sukses mendunia melakukan bisnis lewat internet adalah amazon.com yang sering dijadikan contoh ideal kesuksesan dari sebuah bisnis online. Bisnis online melalui Internet pada dasarnya merupakan bisnis yang menjanjikan mengingat pasarnya adalah pengguna Internet yang tersebar di seluruh dunia. Namun dalam prakteknya banyak kendala yang menghambat perkembangan bisnis online. Pertama, masalah keamanan dalam melakukan transaksi online. Masih banyak orang yang ragu apakah transaksi pembayaran kartu kredit yang dilakukannya benar-benar aman? Meskipun situs bisnis online tersebut sudah menggunakan sistem pengamanan yang canggih seperti SSL Secure namun tidak dapat seratus persen meyakinkan konsumen bahwa transaksi telah berlangsung dengan aman. Sekitar sepuluh tahun silam, marak sekali terjadi kejahatan kartu kredit yang dikenal dengan istilah carder ). Dalam kasus carder, Indonesia masuk peringkat atas dunia karena banyak pelakunya yang berdomisili di wilayah Indonesia dan beberapa orang berhasil diringkus oleh polisi. Sejak saat itu pula banyak situs bisnis online menolak transaksi pembayaran kartu kredit dari Indonesia. Toko buku online amazon.com memang menerima pembayaran melalui kartu kredit asal Indonesia namun menolak mengirim barang ke wilayah Indonesia. Kedua, meskipun pengguna Internet terus meningkat pesat namun hanya sebagian kecil saja yang menjadi pasar potensial dalam bisnis online. Kebanyakan pengguna Internet sekarang lebih memilih aktif di situs jejaring sosial, bermain game online atau sekedar browsing ke situs di sana sini. Pada dasarnya bisnis online memang tidak cocok untuk semua jenis bisnis jadi kalau banyak pelaku bisnis online yang gagal wajar saja. Selain itu sebagaimana prinsip dasar bisnis maka bisnis online juga harus dikelola secara sungguh-sungguh. Pada sekitar pertengahan tahun 1990-an di Indonesia mulai muncul situs belanja eceran online, salah satunya dikelola oleh mantan aktris terkenal Lenny Marlina. Pada awalnya situs tersebut mampu menjaring konsumen cukup banyak namun kemudian situs itu djual ke pihak lain dan tidak jelas keberadaannya sekarang. Tahun 1999 juga pernah ada toko buku online yang bernama sanur.com namun sekarang juga tidak terdengar lagi namanya. Kalaupun ada situs bisnis online yang cukup baik pada umumnya itu adalah perusahaan yang basisnya adalah bisnis konvensional. Sebut saja, bhinneka.com (bisnis barang elektronik) dan gramediaonline.com (toko buku). Kekurangan dari situs bisnis online di Indonesia yang menjual produk adalah hampir semua situs bisnis online tersebut belum mampu menyediakan fasilitas pembayaran lewat kartu kredit sebagai salah satu ciri bisnis online. Pembayaran biasanya dilakukan dengan cara konvensional seperti transfer sehingga situs bisnis online lebih berperan sebagai tempat memesan barang.

Bidang Pendidikan

Manfaat Internet sebagai new media juga sangat dirasakan oleh dunia pendidikan, utamanya pada level pendidikan tinggi. Bagi mahasiswa yang hendak melanjutkan pendidikan di luar negeri akan sangat mudah mencari informasi tentang PT di luar negeri yang diminatinya hanya dengan mengakses situs PT tersebut yang ada di Internet. Bahkan beberapa PT terkenal di luar negeri menyediakan fasilitas untuk mengunduh formulir pendaftaran. Konsep pendidikan konvensional banyak berubah setelah munculnya Internet. Model kuliah, perpustakaan, pembuatan tugas, pengisian rencana studi dan lain sebagainya sudah disesuaikan dengan apa yang dapat dilakukan melalui Internet. Sebagian besar PT di Indonesia sudah mengikuti perkembangan teknologi Internet

yang diharapkan dapat mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan layanan yang disediakan oleh kampus. Pemanfaatan Internet oleh kampus secara garis besar dapat dikelompokkan sebagai berikut:

1. Situs resmi Perguruan Tinggi Perguruan Tinggi (PT) memiliki situs resmi yang dapat diakses oleh setiap pengguna Internet mengenai informasi yang dicari oleh pihak-pihak yang membutuhkan. Informasi yang paling sering dicari adalah jadwal Ujian Saringan Masuk (USM) PT tersebut beserta persyaratannya. Sudah banyak PT yang menyediakan fasilitas pendaftaran online untuk mengisi data yang diminta meskipun formulir pendaftarannya harus dibeli secara langsung, biasanya di bank-bank. Hasil USM juga sudah dapat dilihat oleh peserta USM di situs PT tempat ia mengikuti ujian. Semakin bagus situs PT tentunya akan mendapat respek yang baik dari para pengakses terutama dari calon mahasiswa.

2. Urusan Administrasi Setiap PT mungkin tidak persis sama mengenai apa yang bisa disediakan melalui pemanfaatan Internet namun umumnya adalah sebagai berikut:

a. Pengisian Formulir Rencana Studi (FRS) online. Sebaiknya pengisian FRS online dapat dilakukan melalui situs PT di Internet bukan melalui LAN sehingga mahasiswa dapat mengisi FRS dari mana saja bahkan kalaupun yang bersangkutan sedang liburan di luar negeri. Mengenai konsultasi dengan Dosen Wali dapat dilakukan melalui kontak email meskipun tidak semua Dosen Wali memiliki waktu untuk menjawab email dari mahasiswa.

b. Melihat nilai secara online Mahasiswa dapat melihat nilai tugas, praktikum, UAS, UTS secara online melalui situs PT di Internet. Seringkali mahasiswa setelah UAS pergi berlibur atau pulang kampung, namun melalui Internet mahasiswa tersebut tetap dapat mengakses semua nilai yang berkaitan dengan kegiatan perkuliahannya. Melalui situs itu juga sebaiknya mahasiswa dapat mencetak nilai-nilainya dalam format yang resmi sehingga hasil cetakan tersebut dapat dijadikan rapor atau Lembar Hasil Studi (LHS) per semester sehingga mahasiswa tidak perlu repot-repot mendatangi TU Fakultas/Jurusan untuk memperoleh LHS dan hal itu juga akan mengurangi kesibukan bagian akademik Fakultas/Jurusan.

3. Metode pengajaran Internet telah nyata mengubah metode atau cara pengajaran yang dilakukan oleh Dosen kepada mahasiswa. Hal-hal yang dapat dilakukan Dosen berkaitan dengan pemanfaaatan Internet sebagai media pengajaran antara lain:

Dengan menggunakan lap top atau PC plus proyektor LCD maka dengan memanfaatkan fasilitas Internet kampus Dosen dapat memberikan materi kuliah dengan contoh-contoh yang ada di Internet.

Dosen dapat meminta kepada mahasiswa untuk membuat sebuah milis di Yahoo atau Google dan sejenisnya sebagai media komunikasi antara Dosen dan mahasiswa yang berkaitan dengan materi kuliah, pengumpulan tugas dan bahan presentasi.
Dosen memberi tugas kepada mahasiswa dengan mencari data-data yang ada di Internet. Sayangnya sebagian besar mahasiswa hanya melakukan ”copy paste” terhadap materi yang didapatkan dari Internet. Sebaiknya Dosen tidak mentolerir hal tersebut dan memberi nilai yang jelek kepada tugas model ”copy paste” sehingga ke depannya mahasiswa tidak lagi berani melakukan hal yang sama dan materi dari Internet hanya sebagai referensi saja.

Dosen juga dapat melakukan video conference dengan PT lain baik di dalam ataupun di luar negeri apabila fasilitas di PT tersebut memungkinkan untuk melakukan kegiatan tersebut. Sebenarnya sekarang ini video conference sudah lebih murah biayanya dengan memanfaatkan layanan dari MSN Messenger, Yahoo Messenger atau Skype.

Bidang Sosial Budaya

Riaz (2010:3) mengatakan,” Today, we are living in digital world where new media technology has changed the world. We all have been heavily influenced by new media technology. Wer all use internet for information and connection purpose. The advent of internet has drastically changed our life styles”. Internet sebagai new media dengan berbagai macam aplikasinya telah mengubah dunia. Gaya hidup dan perilaku masyarakat banyak dipengaruhi oleh Internet. Dampak dari Internet sangat terasa dalam bidang sosial budaya yang menyangkut kehidupan sehari-hari masyarakat. Beberapa aplikasi Internet yang populer di kalangan pengguna Internet dan adalah koran online, situs jejaring sosial, situs berbagi video dan blog. Pengaruh dari new media tersebut sering juga menjangkau masyarakat yang tidak mengakses internet.

Situs jejaring sosial

Begitu banyak orang yang gandrung terhadap situs jejaring sosial di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Situs jejaring sosial yang populer di Indonesia adalah Facebook dan Twitter. Indonesia termasuk papan atas dalam jumlah pengguna per negara (ranking dunia) di kedua situs tersebut. Dikutip dari International Business Times online disebutkan bahwa pengguna Facebook di Indonesia berjumlah 33 juta orang dan menempati peringkat kedua di dunia. Untuk Twitter, Indonesia juga masuk ke dalam 3 besar dunia dalam hal jumlah pengguna. Apakah hal tersebut merupakan prestasi? Paling tidak, Presiden SBY menganggap itu sebagai hal yang positif, seperti diucapkannya saat memberikan sambutan dalam Overseas Private Invesment Corporation (OPIC) yang berlangsung di Ballroom Hotel Sangri La, Jakarta, Rabu tanggal 4-5-2011. ”Pemuda kami ini bisa dibilang paling ’connected’. Saat ini kita adalah pengguna Facebook tertinggi kedua di dunia, dan tertinggi ketiga pengguna Twitter,” kata SBY. Jumlah pengguna Facebook sebanyak 33 juta orang masih perlu dipertanyakan, apakah perhitungannya berdasarkan jumlah akun? Pengguna Internet dari Indonesia seringkali berlaku ”usil”, misalnya seseorang membuka akun di Facebook lebih dari satu, belum lagi berapa banyak akun Facebook palsu. Meskipun demikian harus diakui bahwa pada dasarnya orang Indonesia memang senang berkomunikasi dengan pihak lain. Hal itu sesuai dengan ciri bangsa Indonesia sebagai bangsa yang ramah sehingga wajar saja terdapat banyak pengguna Facebook dan juga Twitter dari Indonesia.

Pada dasarnya situs jejaring sosial adalah sebuah media komunikasi yang melintasi batas negara karena menggunakan fasilitas Internet. Meskipun Facebook dapat dijadikan sebagai media bisnis atau pemasaran namun Facebook lebih berperan sebagai media sosial. Situs jejaring sosial dapat digunakan untuk:

1. Mencari teman lama atau saudara yang sudah putus komunikasi
2. Menjalin hubungan dengan anggota situs lainnya.
3. Menggalang dukungan untuk orang-orang atau sesuatu hal tertentu.


Aplikasi New Media
Aplikasi new media pada saat ini sangat lah banyak contoh nya adalah sebagai berikut :

Friendster adalah sebuah situs permainan sosial yang berfokus pada permainan dan musik yang berpusat di Mountain View, California. Friendster sebelumnya dikenal sebagai situs jejaring sosial Sebelum dirancang ulang, layanan ini memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan anggota lain, serta berbagi konten dan media daring dengan anggota tersebut. Situs web ini dulunya digunakan untuk berkencan dan mencari tahu tentang acara baru, band, dan hobi. Pengguna dapat berbagi video, foto, pesan dan komentar dengan anggota lain melalui profil dan jaringan mereka. Friendster dianggap sebagai salah satu jejaring sosial asli dan bahkan "kakek"-nya semua jejaring sosial. Layanan ini sangat populer di kawasan Asia Tenggara.
Pada Mei 2011, perusahaan ini mengalihkan diri menjadi situs permainan sosial dan menghapus semua akun jejaring sosial penggunanya. Namun akun Friendster tidak akan dihapus dan pengguna masih bisa masuk log menggunakan surel dan sandi lama mereka. Mereka juga menyatakan bahwa daftar kontak (atau daftar teman) akan dipertahankan bersama informasi dasar pengguna. Situs baru ini akan terfokus pada "hiburan dan kesenangan", dan tidak bertujuan untuk bersaing dengan Facebook, namun justru melengkapinya.                                  

Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006.
Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets).
Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut.    


Sebuah media yang sering kita gunakan,entah itu untuk mengupload video atau pun menonton video tersebut.

Heello adalah situs microblogging(mirip twitter) terbaru yang sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat . kalau ada yg blm daftar bisa daftar dimari . Heello sendiri dididrikan oleh pendiri Twitpic yaitu Noah .Heello pun diluncurkan sehari setelah twitter meluncurkan layanan untuk berbagi foto ke followers. Heello sendiri dibuat sekitar satu tahun lalu. 


Kesimpulan

Dalam pembahasan sudah dikemukakan bahwasanya Internet menjadi new media yang paling banyak dimanfaatkan oleh manusia. Hal tersebut dapat terjadi disebabkan oleh, pertama, pengguna Internet di seluruh dunia sangat banyak yang diperkirakan tahun 2011 ini berjumlah 2 milyar orang dan kedua, Internet menyediakan aplikasi yang sangat beragam yang memungkinkan orang melakukan bermacam kegiatan di Internet, sebut saja situs jejaring sosial, situs berbagi video, game online, blog, bisnis online, konferensi video, e-books, koran online, forum chatting online, milis dan lain sebagainya.

Internet telah dimanfaatkan oleh semua ilmu pengetahuan dan oleh karenanya berkaitan dengan banyak bidang kehidupan manusia. Dalam tulisan ini pemanfaatan Internet dibatasi dalam bidang politik, bisnis, pendidikan dan sosial budaya. Pertimbangannya adalah karena berbagai new media yang ada di Internet hampir semuanya telah dimanfaatkan oleh keempat bidang tersebut. Pemanfaatan yang dimaksud adalah untuk tujuan positif meskipun dalam prakteknya Internet digunakan juga untuk tujuan negatif oleh sebagian kecil pengguna Internet. Beberapa new media di Internet seperti situs jejaring sosial dan situs berbagi video sering kali mempengaruhi gaya hidup pengguna Internet dan bukan hanya itu, materi yang diunggah ke kedua media itu juga mudah sampai ke masyarakat luas misalnya melalui telepon genggam yang sebagian besar masyarakat sudah memilkinya.



DAFTAR PUSTAKA  

http://komunikasi.us/index.php/course/perkembangan-teknologi-komunikasi/1577-definisi-new-media 

James R. Situmorang
Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,

Universitas Katolik Parahyangan, james@unpar.ac.id

http://journal.unpar.ac.id/index.php/JurnalAdministrasiBisnis/article/download/418/402






Tidak ada komentar:

Posting Komentar